Kamis, 26 Januari 2023

Daerah Penulis

 Wisata Umbulan Tanaka


Saya berasal dari Dusun Arjomulyo RT 05 RW 03, Desa Bangelan, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang. Keunikan atau ciri khas yang ada di desa saya yaitu tempat wisata Umbulan Tanaka, dikenal dengan sebutan Tanaka karena dari itu merupakan nama yang diberikan oleh nenek moyang pada saat jaman penjajahan dahulu.Umbulan Tanaka merupakan tempat wisata air yang sekarang sedang banyak di kenal oleh masyarakat luar melalui sosial media. Umbulan Tanaka dulu hanyalah sumber mata air biasa yang banyak di manfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk irigasi sawah dan air minum. Di Dusun Arjomulyo ada paguyupan muda mudi karang taruna dan warga sekitar yang kemudian memiliki inisiatif untuk menjadikan sumber mata air tersebut menjadi tempat wisata air yang bersih dan alami. Dana yang diperoleh untuk membangun tempat wisata air ini dari uang warga yang berkunjung ke tempat wisata tersebut. Tempat wisata ini resmi dibuka sekitar pertengahan Oktober 2020, tidak disangka dari tempat wisata yang awalnya hanya sekedar sumber mata air sekarang berkembang menjadi lebih luas. Wisata ini tidak menarik harga tiket yang mahal yaitu Rp. 5.000/orang dan biaya parkir, maka dari itu banyak para wisatawan dari dalam desa maupun luar kota banyak yang berkunjung dan penasaran akan wisata sumber air ini. Titik yang bisa dinikmakti saat berkunjung ketempat wisata ini ada banyak yaitu kolam renang yang airnya sangat jernih, arum jeram, cafe yang menyajikan berbagai makanan khas desa dengan harga yang terjangkau dan tempat karoke. Selain dijadikan tempat wisata air, Umbulan Tanaka juga sering digunakan oleh kelompok ibu-ibu untuk malakukan senam pagi bersama.


Selain itu, wisata Umbulan Tanaka juga terdapat water park yang menggunakan konsep negeri Jepang. Konsep negeri Jepang ini dapat dilihat dari bagaimana bentuk bangunan untuk tempat santai, jembatan, berbagai tulisan kanji yang ditempatkan disegala sudut, hingga dekorasi bunga sakura, sehingga nuansa Jepang dapat terasa di sini. Keindahan bunga sakura memang menjadi daya tarik utama di wisata Umbul Tanaka dari bentuk bunganya yang berwarna merah muda memikat para wisatawan untuk berswa-foto selfie maupun foto bersama keluarga besar. Pengunjung bisa menemukannya bunga sakura di sepanjang aliran sungai yang terpasang di sisi jembatan. Meskipun bunga sakura yang ada hanya replika tetapi keberadaannya mampu menggambarkan suasana Jepang seperti negeri aslinya. Wisata ini selalu buka setiap hari dan tidak pernah libur. Baik hari biasa, akhir pekan maupun tanggal merah tetap beroperasi seperti biasa. Sedangkan jam buka wisata Umbulan Tanaka yaitu dari jam 07.00 – 17.00 WIB. Untuk lebih jelas tentang info wisata Umbulan Tanaka bisa dilihat di Instagram dan Youtube.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Biodata Penulis

 Tentang Penulis Hello nama saya Neli Febrianti, biasanya sering dipanggil Neli. Saya lahir di Malang pada tanggal 20 Februari 2001 dan meru...